Senin, 02 Juli 2012

Minum 8 Gelas Air Putih per Hari, Mitoskah?



Air merupakan unsur vital bagi setiap hidup manusia. Sekitar 70% tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, konsumsi air sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan sistem tubuh. Air putih tidak hanya sekedar menghilangkan dahaga, namun juga mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Konsumsi air putih secara teratur dapat mencegah penyakit hati dan ginjal,menghilangkan racun dalam tubuh, mengurangi berat badan, mengencangkan kulit, meningkatkan kesuburan, menambah kebugaran, serta dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan.
Minum air putih sebaiknya tidak menunggu pada saat kita merasa haus saja. Rasa haus merupakan tanda bahwa tubuh kita kekurangan cairan. Jadi lebih baik anda minum air putih sebelum haus. Hingga saat ini, banyak para ahli kesehatan menganjurkan bahwa kita harus minum air putih sebanyak delapan gelas atau kurang lebih dua liter dalam sehari, Di Australia pun mereka menganjurkan untuk minum air putih sebanyak 3,4 liter dalam sehari untuk pria dewasa dan 2,8 liter dalam sehari untuk wanita dewasa.
Hal ini disanggah dan dianggap hanya mitos bagi seorang dosen dari La Trobe University yang bernama Spero Tsindos. Kebutuhan setiap orang untuk minum air putih berbeda-beda tergantung pada tinggi badan, usia, aktivitas, berat badan, serta lingkungan tempat tinggal kita Selain itu, kiita juga tidak harus selalu minum air putih jika kita merasa haus, lewat buah-buahan dan sayuran serta minuman lain juga dapat menggantikan cairan di dalam tubuh kita.
Tsindos beranggapan bahwa kebutuhan air bagi tubuh manusia bisa didapat dari sayur-sayuran, buah-buahan, teh, jus, maupun kopi. Jadi, apabila kita merasa haus kita tidak dituntut untuk minum air putih saja, lewat minum minuman lain dan mengonsumsi buah dan sayuran juga dapat menghilangkan rasa haus.
Keharusan untuk minum air putih sebanyak dua liter dalam sehari tidak memiliki dasar karena dengan mengonsumsi buah, minum teh atau kopi juga dapat memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh kita. Menurut Tsindos, minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak dalam sekaligus tidak ada gunanya  karena kelebihan cairan dalam tubuh akan dikeluarkan lewat urin.
Anjuran untuk minum delapan gelas air putih dalam sehari ternyata berasal dari jurnal yang diterbitkan pada tahun 1945 di Amerika Serikat, sedangkan anjuran untuk minum air putih sebanyak 2,5 liter dalam sehari ternyata hasil rekomendasi dari Akademi Sains Australia.
Meski telah muncul berbagai pendapat mengenai konsumsi air putih tapi tetap saja tubuh kita membutuhkan hal yang satu ini sebagai kebutuhan pokok kita. Maka perlu dianjurkan bahwa minum air putih tidak harus menunggu saat kita merasa haus saja, dan memang anjuran untuk minum air putih sebanyak delapan gelas dalam sehari hanya mitos sebab berbagai makanan dan minuman juga dapat mengembalikan cairan di dalam tubuh kita. Jika kebutuhan akan cairan setiap orang berbeda-beda, maka asupan cairan dalam tubuh kita pun berbeda pula dengan yang lainnya.

kompas.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Template by Best Web Hosting